ARTIKEL PPDB

PENGUMUMAN KELULUSAN SMAN 1 PULAU MALAN

PPDB ONLINE 2023/2024 SMAN 1 PULAU MALAN

Berita Terbaru

MENGENAL JALUR PENDAFTARAN PADA PPDB (ZONASI)

SMAN 1 Pulau Malan Secar resmi akan Membuka Jalur Penerimaan Peserta Didik baru pada tanggal 14 - 17 Juni 2021. Jalur Penerimaan terbagi menjadi 4 opsi yaitu Zonasi, Afirmasi, Prestasi dan Pindah Tugas Orang Tua. Istilah itu sekarang makin Trend dan selalu menjadi Momok  bagi sebagian orang tua dan Calon peserta didik. Nah, supayatidak jadi momok dan membuat kita bingung, yuk simak apa  makna dari istilah 4 jalur tersebut.

 

1. Zonasi

Jalur sistem zonasi merupakan jalur penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 memberlakukan jalur penerimaan ini. PPDB tahun 2020 dapat diikuti calon siswa yang akan masuk TK, SD, SMP, serta SMA/SMK. Aturan yang telah ditandatangani Nadiem Makarim, Mendikbud pada tanggal 10 Desember 2019 ini resmi diterapkan.

Penggunaan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru merupakan salah satu jalur untuk bisa diterima di sekolah. Penerapan sistem zonasi sebenarnya menyasar siswa baru agar mendaftar sekolah sesuai tempat tinggal. Aturan sistem zonasi PPDB tercantum pada Permendikbud No. 14 Tahun 2018. Harapannya, sekolah favorit dan non-favorit tidak memiliki gap. Tahun 2021, kuota yang diberikan untuk jalur zonasi PPDB sebanyak 50 persen.

Tujuan Zonasi adalah :

. Memeratakan Akses Pendidikan

Sistem zonasi akan mengutamakan penerimaan siswa berdasarkan jarak atau radius lokasi rumah siswa dengan sekolah. Apabila jarak rumah siswa dekat dari sekolah, ia berhak memperoleh layanan pendidikan dari sekolah. Siswa memiliki hak untuk bersekolah dengan jarak yang dekat.

2. Mendekatkan Lingkungan Sekolah dengan Lingkungan Keluarga

Secara langsung, siswa akan mendapatkan keuntungan karena sekolah yang dipilih tidak jauh dari tempat tinggal. Orang tua juga lebih mudah dalam memantau perkembangan anak serta kegiatan sekolahnya.

3. Menghapuskan Eksklusivitas dan Diskriminasi

Siswa memiliki hak yang sama untuk masuk ke sekolah negeri, baik yang favorit maupun non-favorit. Dengan adanya sistem zonasi, eksklusivitas sekolah dapat dikurangi, bahkan dihapuskan.

4. Membantu Analisis Perhitungan Kebutuhan Guru dan Distribusinya

Keuntungan sistem zonasi adalah bisa digunakan untuk mengetahui kebutuhan guru. Jika di suatu sekolah sudah menerima banyak siswa namun masih kekurangan pendidik, akan dilakukan pemerataan.

5. Mendorong Kreativitas Guru

Kondisi siswa jalur zonasi yang beragam secara tidak langsung menuntut guru agar semakin kreatif. Selain itu, kondisi kelas yang heterogen pun memunculkan semangat persaingan sehat.

6. Membantu Pemerintah Daerah dalam Memberikan Bantuan

Ketika siswa memilih jalur zonasi, pemerintah akan lebih mudah ketika memberikan bantuan. Bentuk bantuan yang diberikan dapat berupa dana, sarana prasarana, hingga peningkatan kualitas pendidik.


Bagaimana , sudah Paham? kalo belum dibaca pelan pelan ya

 

 

ARTIKEL

6 MEI 2024

5 Penyakit Sosial di Era Milenial

Sertifikat Akreditasi SMAN 1 Pulau Malan

Adil Katalino Bacuramin Kasaruga (Sejarah Dan Maknanya)

SIFAT KOLIGATIF LARUTAN (karya Desi Amiati, S.Si)

PPDB SMAN 1 Pulau Malan tahun Ajaran 2023/2024

SEARCH

KALENDER

Juli 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
GelapTerang