
MENGENAL GOOGLE FORM ( PART 2)
Tulisan ini akan memandu kalian berwisata
untuk membuat google form dan juga mengenal fungsi fungsinya ,kali ini kita
akan fokus membuat form for education (halah)
Langkah awal adalah masuk ke drive melalui
akun gmail atau bisa juga masuk langsung ke chrome dan cari Form ( https://www.google.com/forms ) ingat
masuknya harus dengan log in akun gmail dulu ya, baik di drive atau Form
drive
Form
Langkah selanjutnya adalah pilih form di drive (letaknya ada di sebelah kiri (lihat gambar) atau kalo melalui https://www.google.com/forms ) langsung bisa klik go to Google Form
Langkah ketiga yaitu membuat form baru
Namai formulir Anda: Di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru. Untuk deskrifsi opsional ya.
Google Forms menawarkan beberapa opsi pengaturan. Toolbar yang berada di sebelah kanan memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak bidang pada formulir. Di menu kanan atas Anda dapat mengubah skema warna form, melihat pratinjau formulir, gunakan tombol Send untuk berbagi formulir, dan akses opsi tambahan lainnya, termasuk menginstal add-on untuk FormsAnda juga dapat berpindah-pindah dari tab Pertanyaan ke tab Responses di editor formulir untuk melihat tanggapan saat ini terhadap formulir Anda dan tautkan ke Spreadsheet.
Langkah ke empat adalah membuat Pertanyaan
1. Klik Untitled Question dan masukkan pertanyaan Anda.
2. (Opsional) Untuk mengubah jenis pertanyaan, klik panah ke bawah.
3. Tambahkan opsi Respons (jika sesuai dengan pertanyaan Anda).
4. (Opsional) Kemudian untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required.
Untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan, pilih satu opsi:
5. Selanjutnya untuk menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.
6. Untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, klik ‘Duplicate’.
Catatan: Perubahan akan disimpan secara otomatis. Untuk melihat pratinjau perubahan Anda kapan saja, di kanan atas, klik ‘Pratinjau’.
Cukup klik ikon + di side bar kanan untuk menambahkan pertanyaan baru, atau klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media ke formulir Anda.
Langkah ke 5 adalah mengatur google form agar bisa dijadikan kuis dan diberi Skor
1. Di Kanan atas Form klik setting dan ada 3 pengaturan yang bisa anda pilih
2. Disetingan general kamu bisa pilih
apakah form kamu bisa diakses dengan email, membatasi resfonden dan memberikan
responden kesempatan kedua untuk mengedit sebelum mengirimkan dan melLihat diagram
ringkasan dan jawaban teks
3. Untuk presentasi memuat Tampilan status progres, mengacak pertanyaan dan tampilan link untuk menyerahkan pertanyaan lain
4. Kuis merupakan settingan agar soal kamu bisa diberi skor,kunci jawaban dan jika mau responden bisa mencek nilai dan jawaban yang benar
Langkah ke 6 adalah Mengirimkan Pertanyaan
Bila Anda mau mengirimkan Forms, Anda dapat mengirimkannya melalui email, copy, dan paste link dalam pesan chat atau email, di situs web, atau di media sosial.
Cara Mengirim Google Forms Anda:
1. Dikanan atas Forms, klik Kirim (Send).
2. (Opsional) Untuk mengumpulkan alamat email: Jika formulir terbatas pada organisasi Anda, kumpulkan alamat email anggota organisasi dan kirimkan secara bersamaan.
3. Pilih dengan metode apa Anda ingin mengirim formulir:
4. Masukkan alamat email di kolom Kepada (To) . Anda dapat menyesuaikan konten subjek dan pesan.
5. Klik Link ‘insert link’. Anda dapat mempersingkat URL. Klik copy dan paste link ke chat atau email.
6. Untuk mengirimkan Forms di sosial media, tinggal Klik salah satu ikon media sosial yang tersedia.
Untuk punggunan fungsi add on akan di sampaikan di artikel berikutnya
Semoga bermanfaat