
Add Collaborator
Salah satu keunggulan dari Google Drive /Google Form adalah sesama guru atau pengguna bisa saling berbagi atau berkolaborasi membuat sebuah File atau lembar kerja. Guru/pengguna juga bisa saling mengkoreksi jika ada kesalahan pada File atau tulisan. Namanya adalah Add Collaborator. cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. si pemilik File atau lembar kerja cukup memberikan akses kepada team atau akun milik temannya. Berikut adalah langkah Langkahnya :
1. Google Drive
a. masuk ke drive, Pilih File yang mau dibagikan , Klik Kanan dan klik Bagikan
b. pilih tambahkan editor dan masukkan email tujuan dan klik kirim
2. di Google Form
a. masuk Form dan pilih Share/Kirim atau bisa juga titik 3 (lainnya)dipojok kanan akun dan pilih Add Collaborator
pilih tambahkan editor dan masukkan email tujuan dan klik kirim sama dengan Google Drive
3. dengan Spreadsheet, Google Doc dan slide
a. masuk ke Spreadsheet dan klik share/ bagikan
b. pilih akun yang ingin kamu jadikan editor dan kirim
Mudah bukan? biasanya saya menggunakan Add Collaborator untuk memindahkan File atau mengakali Add On yang Limit ( Pemakaian maksimal )
semoga bermanfaat